Saturday, February 8, 2014

Berikut akan saya berikan cara mudah nya me root/unroot hp android kamu tanpa harus ribet-ribet menggunakan pc cukup dari device nya langsung kamu bisa lakukan. sebelumnya kamu udah tau apasih root itu? gampang nya root adalah agar kita dapat melakukan akses penuh terhadap android kita karena kebanyakan seperti android bundling dan lainnya di batasi hak akses ke sistem root oleh developernya. nah apa ada resiko nya? resiko nya adalah mencabut garansi pada device tersebut makanya saya saranin untuk hp baru (masih masa garansi) jangan coba-coba untuk me root android kamu karena sayang apabila rusak kita gabisa claim dan harus bayar..
udah ngerti pengertian dan resiko nya dari rooting kan? Oke langsung saja kita mulai. Ingat!!! (Do it with your own risk) Cara ini sudah di test di android max-i saya dan work. 

Pertama Unduh 2 file ini. 



Jika sudah buka file manager. Lokasi unduhan jika menggunakan Browser standar android adalah di /sdcard/Downloads. harap di ingat lokasi nya anda menyimpann yaa! seperti ini :



Jika sudah matikan android kamu, setelah itu masuk ke mode recovery. karena setiap device berbeda cara untuk masuk ke menu recovery silahkan anda cari tau sendiri dengan cara googling dengan keyword "Cara masuk menu recovery (Tuliskan type hp anda)". di tutorial kali ini saya menggunakan smartfren andromax i saya yaitu dengan cara Tekan tombol vol down + power secara bersamaan, untuk masuk ke menu recovery. Setelah masuk ke menu recovery, tekan tombol home, untuk memunculkan menu. Untuk navigasi bisa menggunakan tombol volume, tombol enter (tombol menu).


Lalu pilih apply update from external storage. Lalu pilih folder dimana tadi hasil unduhan ke 2 file diatas atau /sdcard/Downloads.


Lalu pilih CWM-6.0.2.8-touch.zip


Pilih yes untuk instalasi, tunggu sampai selesai, setelah itu. Reboot sampai masuk home screen untuk memastikan tidak ada masalah. Setelah itu matikan hp, dan masuk lagi ke recovery mode. Maka recovery anda sudah berubah menjadi CWM(Clock Work Mod) dengan fitur sentuh. Pilih saja install zip from sdcard.


Lalu pilih choose zip from sdcard.


Cari file / berkas unduhan diatas, pilih CWM-Super-SU-v0.96.zip


Pilih yes untuk instalasi, maka andromax-i anda akan segera mendapatkan hak akses root.



Ok selesai, reboot handset anda. Dan cek aplikasi super su. Jika sudah muncul berarti app super su sudah terinstall.


Lalu cek fungsinya apakah bisa digunakan aplikasi yang membutuhkan root, dalam ini saya mencoba ES File Explorer (unduh via playstore dulu).


Nah super su sudah langsung muncul ketika aplikasi meminta hak akses root. lalu pilih "Grant" untuk dapat memperoleh akses root.
SELESAI !!!

Anda ingin mengembalikan device anda seperti semula? bisa kok.. berikut ada 2 cara untuk melakukan unrooting pada device anda. tapi saya recommend cara ke 2 soalnya lebih mudah menurut saya :)

CARA 1
Untuk unrootnya unduh disini ->
- http://goo.gl/lfVqd (stock recovery).
- Lalu unduh Android Terminal Emulator via Play Store.

Lalu Jalankan android terminal emulator.
$su
Grant Superuser request
#rm /system/Superuser.apk
#rm /system/xbin/su
Matikan hape, masuk ke mode recovery. Setelah itu. Install zip stock recovery.

CARA 2
Install "Root Explorer" bisa anda cari Android Market tapi berbayar jika kamu ingin yang gratis nya bisa download di SINI (tunggu 5 detik kemudian SKIP AD)
Lalu buka root explorer.. 
Masuk ke system/bin =>> Hapus file "su"
Masuk ke system/app =>> Hapus file "superuser.apk"
Kemudian reboot

Mudah bukan? semoga bermanfaat :)
Source : 
http://q.gs/5YkZ4

0 comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Silahkan di share dan Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar dan beri rate ya :D

Design by HRSzone