Monday, March 17, 2014

Teknik penjadwalan proyek dalam system informasi terdapat 2 metode yaitu :
  • PERT CHART (Progam Evaluation and Riview Technique)
  • GANTT CHART
PERT CHART dan GANTT CHART merupakan suatu bagan yang menampilkan setiap tugas atau kegiatan dalam bentuk kotak – kotak. Untuk lama waktu dari setiap kegiatan akan bergantung pada panjang dari kotak –kotak yang mewakili setiap kegiatan.

A.  PERT CHART

KARAKTERISTIK PERT
Dari langkah-langkah penjelasan metode PERT maka bisa dilihat suatu karakteristik dasar PERT, yaitu sebuah jalur kritis. Dengan diketahuinya jalur kritis ini maka suatu proyek dalam jangka waktu penyelesaian yang lama dapat diminimalisasi.

Ciri-ciri jalur kritis adalah :
  •  Jalur yang biasanya memakan waktu terpanjang dalam suatu proses.
  • Jalur yang tidak memiliki tenggang waktu antara selesainya suatu tahap kegiatan dengan mulainya suatu tahap kegiatan berikutnya.
  • Tidak adanya tenggang waktu tersebut yang merupakan sifat kritis dari jalur kritis.


KARAKTERISTIK PROYEK
  • ·       Kegiatannya  dibatasi  oleh  waktubersifatnya  sementara,diketahui  kapan mulai  dan berakhirnya.
  •      Dibatasi oleh biaya.
  •      Dibatasi oleh kualitas.
  •      Biasanya tidak berulang-ulang.

 MANFAAT PERT
  • Mengetahui ketergantungan dan keterhubungan tiap pekerjaan dalam suatu proyek.
  • Dapat mengetahui implikasi dan waktu jika terjadi keterlambatan suatu pekerjaan.
  • Dapat mengetahui  kemungkinan untuk mencari  jalur alternatif  lain  yang  lebih baik untuk kelancaran proyek.
  • Dapat mengetahui kemungkinan percepatan dari salah satu atau beberapa jalur kegiatan.
  • Dapat mengetahui batas waktu penyelesaian proyek.
Metode PERT atau sering disebut sebagai diagram jaringan, merupakan sebuah program yang menggambarkan suatu kegiatan menggunakan jaring simpul dan arah panah yang kemudian dievaluasi untuk kemudian menentukan kegiatan terpenting dari keseluruhan sebuah proyek.

Dalam Metode PERT atau diagram jaringan setiap kejadian akan diwakilkan oleh sebuah simpul. Sedangkan untuk sebuah kejadian akan diwakilkan oleh anak panah.

Jalur Kritis dalam Diagram PERT merupakan jalur yang menunjukkan kegiatan dari awal diagram jaringan sampai dengan kegiatan akhir dari diagram jaringan, yang waktu pengerjaannya tidak dapat ditunda. Karena jika pengerjaanya ditunda maka akan mempengaruhi waktu pengerjaan proyek.



Untuk menentukan jalur kritis dari sebuah proyek dapat menggunakan Algoritma Jalur Kritis. Dengan melakukan pengitungan waktu mulai tercepat ( Earliest Start Time / ES) untuk masing – masing kegiatan dan waktu selesai terlama ( Latest Finish Time / LF). Perhitungan Earliest Start (ES) dan Latest Finish (LF) menggunakan 2 cara, yaitu :
      
Forward Pass, untuk menghitung waktu mulai tercepat (ES).
Untuk menghitung ES digunakan rumus [Waktu Mulai Tercepat (ES) + Waktu Kegiatan)
Bila terdapat 2 kegiatan yang dilakukan atau lebih dalam 1 simpul, maka pilih kegiatan dengan waktu terbesar diantara kegiatan – kegiatan tersebut.
      
Backward Pass, untuk menghitung waktu selesai terlama (LF).
Untuk menghitung LF digunakan rumus [Waktu Selesai terlama (LF) - Waktu Kegiatan)
Bila terdapat 2 kegiatan yang dilakukan atau lebih dalam 1 simpul, maka pilih kegiatan dengan waktu terkecil diantara kegiatan – kegiatan tersebut.

Cara Menghitung ES :
·  Kejadian 1 : Karena kegiatan awal/waktu mulai tercepat
   0 ES1 = 0
·  Kejadian 2 : ES2 = ES1 + waktu kejadian A
   ES2 = 0 + 10 = 10
·  Kejadian 3: ES3 = ES1 + waktu kejadian B
   ES3 = 0 + 2 = 8
·  Kejadian 4: ES4 = ES1 + waktu kegiatan C
   ES4 = 0 + 12 = 12
   ES4 = ES3 + Kegiatan D1
   ES4 = 8 + 0 = 8
   ES4 = 12 (nilai terbesar)
·  Dan seterusnya menggunaka rumus yang sama sampai dengan kegiatan 8.
   Menghitung LF
·  Kegiatan 8 : waktu selesai terlamanya sama dengan waktu mulai tercepat.
   LF8 = ES8 = 50
·  Kejadian 7 = LF7 = LF8 – Waktu kejadian J
    LF7 = 50 – 15 = 35
·   Kejadian 6 = LF6 = LF8 – waktu kegiatan I
    LF6 = 50 – 20 = 30
·   Kejadian 5 = LF5 = LF8 – waktu kejadian H
    LF5 = 50 – 8 = 42
    LF5 = LF7 – waktu kejadian D2
    LF5 = 35 – 0 = 35 (paling minimal)
· Dan seterusnya menggunaka rumus yang sama sampai dengan kegiatan 1.
Jadi jalur kritis terjadi jika memiliki ES dan LF yang sama.




Slack menunjukan waktu dari sebuah kegiatan yang dapat ditunda waktu pengerjaanyan karena tidak akan mempengaruhi waktu penyelesaian dari seluruh proyek. Dalam perhitungan besar Slack memerlukan Waktu Mulai Terlama (Latest Start / LS) dan Waktu Selesai Tercepat(Earliest Finist / EF).


B. GANTT CHART

Karakteristik Gantt Chart

  • Gantt chart secara luas dikenal sebagai alat fundamental dan mudah diterapkan oleh para manajer proyek untuk memungkinkan seseorang melihat dengan mudah waktu dimulai dan selesainya tugas-tugas dan sub- sub tugas dari proyek.
  • Semakin banyak tugas-tugas dalam proyek dan semkin penting urutan antara tugas-tugas maka semakin besar kecenderungan dan keinginan untuk memodifikasi gantt chart.
  • Gantt chart membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan “what if” saat melihat kesempatan-kesempatan untuk membuat perubahan terlebih dahulu terhadap kebutuhan.
Keuntungan menggunakan Gantt chart :

  • ·   Sederhana, mudah dibuat dan dipahami, sehingga sangat bermanfaat sebagai alat komunikasi dalam penyelenggaraan proyek.
  •    Dapat menggambarkan jadwal suatu kegiatan dan kenyataan kemajuan sesungguhnya pada saat pelaporan, Bila digabungkan dengan metoda lain dapat dipakai pada saat pelaporan
Kelemahan Gantt Chart :

  • ·    Tidak menunjukkan secara spesifik hubungan ketergantungan antara satu kegiatan dan kegiatan yang lain, sehingga sulit untuk mengetahui dampak yang diakibatkan oleh keterlambatan satu kegiatan terhadap jadwal keseluruhan proyek.
  •    Sulit mengadakan penyesuaian atau perbaikan/pembaharuan bila diperlukan, karena pada umumnya ini berarti membuat bagan balok baru.
Fungsi Gantt Chart

  • ·     Menentukan durasi pekerjaan terhadap perkembangan waktu.
  •     Perencanaan dan penjadwalan proyek pekerjaan.
  •     Pemantauan kemajuan proyek pekerjaan.
Metode Gantt Chart
Gantt Chart merupakan alat bantu visual yang sangat berguna dalam pembebanan dan penjadwalan. Pada saat digunakan dalam pembebanan diagram gantt menunjukan waktu pembebanan dan waktu menganggur dari beberapa departemen seperti mesin-mesin atau fasilitas. Diagram ini menampilkan beban kerja relatif di dalam sistem sehingga para menajer bisa tahu penyesuaian seperti apa yang tepat

Secara umum penjadwalan bertujuan untuk meminimalkan waktu proses, waktu tunggu langganan, dan tingkat persediaan serta penggunaan yang efisien dari fasilitas, tenaga kerja dan peralatan. Penjadwalan disusun dengan mempertimbangkan berbagai keterbatasan yang ada. Penjadwalan yang baik akan memberikan dampak positif, rendahnya biaya operasi dan waktu pengiriman yang akhirnya dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Penyusunan suatu penjadwalan atau schedule produksi yang semata-mata hanya berdasarkan pada institusi belaka jelas akan dapat mempengaruhi jumlah hasil produksi yang sebenarnya maupun yang dihasilkan. Dalam hal ini penjadwalan yang demikian itu akan menyebabkan timbulnya waktu yang tidak produktif (idle time) dan kapasitas produk yang dihasilkan oleh mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi menjadi rendah. Ini jelas merupakan faktor yang merugikan perusahaan.

Fungsi pokok dari penjadwalan produksi adalah agar arus produksi dapat berjalan lancar sesuai dengan waktu yang direncanakan. Sehingga dapat dikatakan bahwa penjadwalan produksi diadakan agar mesin-mesin dapat bekerja secara optimal dengan biaya produksi seminimal mungkin dengan penyerahan barang tepat pada waktunya sesuai pesanan konsumen (order)
Menurut Baker (1974) tujuan penjadwalan adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan produktifitas mesin yaitu dengan mengurangi waktu mesin menganggur
  • Mengurangi persediaan barang-barang setengah jadi dengan jalan mengurangi jumlah rata-rata pekerjaan yang menunggu antrian suatu mesin karena mesin tersebut sibuk.
  • Mengurangi keterlambatan karena telah melampaui batas waktu dengan cara;a.  mengurangi maksimum keterlambatanb.  mengurangi jumlah pekerjaan yang terlambat
Jika makespan dari suatu penjdwalan adalah konstan,maka urutan kerjanya akan menurunkan flowtime rata-rata dan juga menurunkan WIP rata-rata. Tujuan terakhir yang biasanya diinginkan dalam proses penjadwalan adalah pemenuhan Due Date yaitu dimana suatu produk telah selesai diproses atau diproduksi dan sampai pada konsumen. Dalam kenyataan jika terjadi keterlambatan dalam pemenuhan due date yang telah ditetapkan dapat dikenakan suatu denda (penalty).

Cara Membuat Gantt Chart di Microsoft Project 2007
1. Buka Microsoft Project 2007, setelah itu akan tampil halaman awal seperti gambar berikut :


2.  Setelah itu, isikan Task Name, Duration, Start Date, Predesssesors (jika ada) pada kolom yang ada disebelah kiri, secara otomatis Gantt Chart akan terbentuk di area sebelah kanan,seperti gambar berikut :




3.  Untuk menambahkan Sub Proses, insertkan kolom di proses yang akan ditambahkan sub prosesnya, seperti gambar berikut :



4.  Setelah itu, tuliskan proses yang ditambahkan pada field yang kosong,kemudian untuk membuat proses tersebut menjadi subproses, pilih indent, seperti pada gambar berikut :


5.  Jika sudah maka akan tampilan Gantt Chart menjadi seperti ini,

6.  Untuk menambahkan Milestones ,Milestones emphasize important events or accomplishments on projects which take zero duration[1], pertama tambahkan baris dan isikan nama task serta duration di set menjadi 0 day, seperti pada gambar berikut,
7. Untuk menandai apakah suatu proses telah selesai dilakukan, maka pada kolom i (information) pilih Task Information ... seperti berikut :
8. Setelah itu, set percent complete menjadi 100%, sebagai berikut :

Jika sudah, maka proses tersebut akan memiliki status completed seperti berikut :



10. untuk melihat Network Diagram, A network diagram is a schematic display of the logical relationships among, or sequencing of, project activities[1], dari Gantt Chart yang telah dibuat,pilih view >> Network Diagram pada toolbars, Network diagram akan tampil sebagai berikut :



11.   Gambar yang disilang menunjukan bahwa Task telah completed

Gatt Chart telah selesai dibuat :D


Artikel ini memang tidak di izinkan bagi anda untuk meng copy-paste dari blog. jika anda ingin menginginkan artikel ini silahkan download di SINI


0 comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Silahkan di share dan Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar dan beri rate ya :D

Design by HRSzone