Sunday, March 9, 2014

Apa itu Enskripsi ?

Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
Buka Microsoft Word dan siapkan sebuah halaman kosong. Buatlah beberapa tulisan atau artikel. Lalu gunakan font standard ukuran 12 dan type arial . Setelah selesai, coba kamu blok semua tulisan atau artikel tersebut kemudian hurufnya ganti ke type font Bookshelf symbol atau wingdings atau jenis tulisan yang berupa hurup yang tidak gampang dibaca. Pelajaran apa yang telah anda dapatkan?

Yaaa, itulah yang bisa kita sebut dengan Enskripsi. Pada saat kamu membuat sebuah tulisan atau artikel dengan font Arial berarti anda sudah melakukan apa yang disebut dengan membuat ”Plaintext”. Pada saat kamu mengubah huruf tersebut dari Arial ke Bookshelf symbol berarti kamu sudah melakukan yang disebut System Substitusi dalam metode Kryptography yang lazim disebut Proses ENKRIPSI ( Encryption ) dengan keyword adalah font Bookshelf symbol , sehingga artikel kamu sudah tidak dapat dibaca orang lain. Pada saat kamu mengubah huruf tersebut dari Arial ke Bookshelf symbol Maka isi artikel dengan Font Bookshelf symbol yang anda buat disebut dengan Ciphertext.


Deskripsi sebagai berikut :
Saat kamu mengirimkan artikel tersebut dan diterima oleh temen kamu, maka teman kamu akan mengubah kembali font Bookshelf symbol menjadi Font Arial agar bisa dibaca kembali. Maka temen kamu telah melakukan yang disebut Proses Deskripsi ( Descryption ) dengan mengunakan Private Key ( karena dengan kunci yang sama , bukan Public key ) pada kasus ini keyword nya adalah Font Arial .


Pengertian Enskripsi

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. atau bisa didefinisikan juga Enkripsi merupakan proses untuk mengubah plainteks menjadi chiperteks. Planteks sendiri adalah data atau pesan asli yang ingin dikirim, sedangkan Chiperteks adalah data hasil enkripsi. Enkripsi dapat diartikan sebagai kode atau chiper. (menurut wikipedia)
Kalo menurut saya Enskripsi ada sebuah pengkodean dengan merubah data teks menjadi simbol-simbol atau tulisan 4L4Y agar hanya kita saja yang dapat membaca nya dan orang-orang tertentu bertujuan untuk melindungi data tersebut.


Kategori dari Enskripsi

Dalam hal ini terdapat tiga kategori enkripsi, yaitu :
  • Kunci enkripsi rahasia, artinya terdapat sebuah kunci yang digunakan untuk mengenkripsi dan juga sekaligus mendekripsikan informasi.
  • Kunci enkripsi public, artinya dua kunci digunakan satu untuk proses enkripsi dan yang lain untuk proses dekripsi.
  • Fungsi one-way, atau fungsi satu arah adalah suatu fungsi dimana informasi dienkripsi untuk menciptakan “signature” dari informasi asli yang bisa digunakan untuk keperluan autentikasi.


Model–Model Enskripsi

Terdapat 2 Model dari proses Enskripsi :
Symmetric Cryptosystem ( Enkripsi Konvensional)
Dalam symmetric cryptosystem, kunci yang digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi adalah sama atau pada prinsipnya identik. Kunci ini pun bisa diturunkan dari kunci lainnya. Oleh karena itu sistem ini sering disebut secret-key ciphersystem. Kunci yang menggunakan teknik enkripsi ini harus betul-betul dirahasiakan.

Assymmetric Cryptosystem (Enkripsi public-key)
Dalam Assymmetric cryptosystem,kunci yang digunakan terdapat dua buah. Satu kunci yang dapat dipublikasikan disebut kunci publik (public key), satu lagi kunci yang harus dirahasiakan disebut kunci privat (private key). Secara sedehana proses tersebut diterangkan sebagai berikut :
– A mengirimkan pesan kepada B.
– A menyandikan pesannya dengan menggunakan kunci publik B.
– Bila B ingin membaca pesan dari A, ia harus menggunakan kunci privatnya untuk mendekripsikan pesan yang tersandikan itu.


Metode Enskripsi Standart

1. Metode Enkripsi MD2

Message-Digest algortihm 2 (MD2) adalah fungsi hash cryptographic yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1989. Algoritma dioptimalkan untuk komputer 8-bit. MD2 yang ditetapkan dalam RFC 1319. Meskipun algoritma lainnya telah diusulkan sejak dulu, seperti MD4, MD5 dan SHA, bahkan sampai dengan 2004 [update] MD2 tetap digunakan dalam infrastruktur kunci publik sebagai bagian dari sertifikat yang dihasilkan dengan MD2 dan RSA.

2. Metode Enkripsi MD4

Message-Digest algortihm 4(seri ke-4) yang dirancang oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT pada tahun 1990. Panjangnya adalah 128 bit. MD4 juga digunakan untuk menghitung NT-hash ringkasan password pada Microsoft Windows NT, XP dan Vista.

3. Metode Enkripsi MD5

MD5 adalah salah satu dari serangkaian algortima message digest yang didesain oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT (Rivest, 1994). Saat kerja analitik menunjukkan bahwa pendahulu MD5 yaitu MD4 mulai tidak aman, MD5 kemudian didesain pada tahun 1991 sebagai pengganti dari MD4 (kelemahan MD4 ditemukan oleh Hans Dobbertin).
Dalam kriptografi, MD5 (Message-Digest algortihm 5) ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. Pada standart Internet (RFC 1321), MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file.

4. Metode Enkripsi SHA

SHA adalah serangkaian fungsi cryptographic hash yang dirancang oleh National Security Agency (NSA) dan diterbitkan oleh NIST sebagai US Federal Information Processing Standard. SHA adalah Secure Hash Algoritma. Jenis-jenis SHA yaitu SHA-0, SHA-1, dan SHA-2. Untuk SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang terkenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384, dan SHA-512.

5. Metode Enkripsi RC4

RC4 merupakan salah satu jenis stream cipher, yaitu memproses unit atau input data pada satu saat. Unit atau data pada umumnya sebuah byte atau bahkan kadang kadang bit (byte dalam hal RC4). Dengan cara ini enkripsi atau dekripsi dapat dilaksanakan pada panjang yang variabel. RC4 adalah penyandian stream cipher yang dibuat oleh Ron Riverst pada tahun 1987 untuk pengamanan RSA. Algoritmanya didasarkan pada permutasi acak.

6. Metode Enkripsi Base64

Base64 adalah sistem untuk mewakili data mentah byte sebagai karakter ASCII. Base64 menyediakan 6-bit encoding 8-bit ASCII karakter. Base64 merupakan format yang dicetak menggunakan karakter, memungkinkan binari data yang akan dikirim dalam bentuk dan email, dan akan disimpan di database atau file.


Metode Enskripsi Modern

1. Data Encryption Standard (DES)
◊ Standar bagi USA Government
◊ Didukung ANSI dan IETF
◊ Populer untuk metode secret key
◊ Terdiri dari 40 bit, 56 bit dan 3×56 bit (Triple DES)

2. Advanced Encryption Standard (AES)
◊ Untuk menggantikan DES (launching akhir 2001)
◊ Menggunakan variable length block chipper
◊ Key length : 128 bit, 192 bit, 256 bit
◊ Dapat diterapkan untuk smart card

3. Digital Certificate Server (DCS)
◊ Verifikasi untuk digital signature
◊ Autentikasi user
◊ Menggunakan public dan private key
◊ Contoh : Netscape Certificate Server

4. IP Security (IPSec)
◊ Enkripsi public/private key
◊ Dirancang oleh CISCO System
◊ Menggunakan DES 40-bit dan authentication
◊ Built-in pada produk CISCO
◊ Solusi tepat untuk Virtual Private Network (VPN) dan Remote Network Access

5. Kerberos
◊ Solusi untuk user authentication
◊ Dapat menangani multiple platform/system
◊ Free charge ( Open Source )
◊ IBM menyediakan versi komersial : Global Sign On (GSO)

6. Point to Point Tunneling Protocol(PPTP), Layer Two Tunneling Protocol(L2TP)
◊ Dirancang oleh Microsoft
◊ Authentication berdasarkan PPP ( Point to Point Protocol )
◊ Enkripsi berdasarkan Algoritm Microsoft ( tidak terbuka )
◊ Terintegrasi dengan NOS Microsoft ( NT, 2000, XP )

7. Remote Access Dial-in User Service ( RADIUS )
◊ Multiple remote access device menggunakan 1 database untuk authentication
◊ Didukung oleh 3com, CISCO, Ascend
◊ Tidak menggunakan encryption

8. RSA Encryption
◊ Dirancang oleh Rivest, Shamir, Adleman tahun 1977
◊ Standar de facto dalam enkripsi public/private key
◊ Mendukung proses authentication
◊ Multi platform

9. Secure Hash Algoritm (SHA)
◊ Dirancang ole National Institute of Standard and Technology(NIST) USA
◊ Bagian dari standar DSS ( Decision Support System ) USA dan bekerja sama dengan DES untuk digital signature
◊ SHA-1 menyediakan 160-bit message digest
◊ Versi : SHA-256, SHA-348, SHA-512 (terintegrasi dengan AES)

10. MDS
◊ Dirancang oleh Prof. Robert Rivest (RSA, MIT) tahun 1991
◊ Menghasilkan 126-bit digest
◊ Cepat tapi kurang aman

11. Secure Shell (SSH)
◊ Digunakan untuk client side authentication antara 2 sistem
◊ Mendukung UNIX, Windows, OS/2
◊ Melindungi telnet dan ftp (File Transfer Protocol)

12. Secure Socket Layer (SSL)
◊ Dirancang oleh Netscape
◊ Menyediakan enkripsi RSA pada layes session dari model OSI
◊ Independe terhadap service yang digunakan
◊ Melindungi system secure web e-commerce
◊ Metode public/private key dan dapat melakukan authentication
◊ Terintegrasi dalam produk browser dan web server Netscape

13. Security Token
◊ Aplikasi penyimpanan password dan data user di smart card


Mengapa harus repot-repot melakukan Enskripsi apa keuntungannya?

Sekarang, dan dapat di pastikan kedepannya akan makin bertambah kejahatan di dalam dunia cyber, makin banyak orang yang memiliki kartu kredit, nomor rekeningm dan lain-lain yang bersifat sensitive.

Yang mengatakan bahwa informasi tersebut harus ada di suatu tempat jika tidak kamu tidak akan pernah bisa menggunakannya. Kamu dapat menghafal angka atau huruf (password) tetapi kamu tidak akan selalu dapat mengandalkan memori anda sebagai satu-satunya sumber untuk menyimpan password dalam jumlah banyak. Dengan menuliskan angka-angka tersebut menimbulkan resiko orang lain dapat membaca password anda dengan mudahnya.Dengan menggunakan enskripsi adalah cara yang efektif. Dengan Enskripsi kamu dapat menuliskan data password tersebut setelah mengalami pengkodean dan pastinya tidak perlu khawatir apabila orang lain membacanya.


Manfaat dan kerugian

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari enkripsi ini adalah :
  • Kerahasiaan suatu informasi terjamin
  • Menyediakan authentication dan perlindungan integritas pada algoritma checksum/hash
  • Menanggulangi penyadapan telepon dan email
  • Untuk digital signature. Digital signature adalah menambahkan suatu baris statemen pada suatu elektronik copy dan mengenkripsi statemen tersebut dengan kunci yang kita miliki dan hanya pihak yang memiliki kunci dekripsinya saja yang bisa membukanya.
  • Untuk digital cash
Penyalahgunaan dan kerugian dari enkripsi adalah:
  • Penyandian rencana teroris
  • Penyembunyian record criminal oleh seorang penjahat
  • Pesan tidak bisa dibaca bila penerima pesan lupa atau kehilangan kunci (decryptor).

Contoh Aplikasi dan Penerapan Enskripsi

Stand alone
  • EasyCrypto Deluxe
  • Mooseoft Encrypter
  • PowerCrypt 2000
  • Kryptel 
Jaringan
  • PGP
  • CIPE
  • SSH
  • SSL
Contoh Aplikasi lainnya
  • AutoCrypt
  • TrueCrypt
  • P-Encryption Suite
  • AxCrypt
  • Pen Protect
  • Masker


EasyCrypto Deluxe
Picture2
EasyCrypto adalah sistem dengan satu kunci (single key system) sehingga tidak dapat digunakan untuk mengenkripsi file yang akan dikirimkan ke orang lain. Perangkat ini lebih cocok untuk mengamankan file pribadi di PC.
Mooseoft Encrypter
Picture3
Mooseoft Encryptor Merupakan perangkat enkripsi stand-alone lainnya yang amat mudah digunakan. Untuk membantu menemukan kata sandi yang baik, Encryptor mempunyai pembuat kata sandi yang dapat membuatkan kata sandi secara acak.
PowerCrypt 2000
Picture4
PowerCrypt Menggunakan algoritma enkripsi yang relatif tidak dikenal dari GNU license library yang bernama Zlib. Antar mukanya pun tidak terlalu mudah digunakan dan juga tidak dapat diatur ukurannya.
Kryptel
Picture5
Kryptel Merupakan perangkat yang elegan dan mudah digunakan sehingga ideal untuk mereka yang ingin menggunakan perangkat enkripsi yang sederhana karena bekerja dengan cara drag and drop.
PGP (Pretty Good Privacy)
Definisi
program enkripsi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dengan menggunakan “private-public key” sebagai dasar autentifikasinya.
CIPE (Crypto IP Encapsulation)
Diciptakan oleh Titz
Tujuan:
1.Menyediakan fasilitas interkoneksi subnetwork yang aman
2.Menanggulangi penyadapan
3. Analisa trafik
4.Injeksi paket palsu

SSH (Secure Shell)

Program yang melakukan login terhadap komputer lain dalam jaringan. Mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote Memindahkan file dari satu mesin ke mesin lainnya.
SSL (Secure Sockets Layer)
Dibuat oleh Netscape Communication Corporation. SSL adalah protokol berlapis

Daftar Istilah :

1. Ciphertext : Teks yang sudah dienkripsi dari aslinya

2. Cryptanalysis : Ilmu (dan seni ) untuk mengembalikan informasi dari ciphertext tanpa diketahui kunci sebelumnya

3. Cryptography : Ilmu mengenai pengubahan (enciphering) dan pengembalian (deciphering) dari pesan ke dalam kode rahasia atau cipher. (ilmu yang mempelajari tentang Enskripsi)

4. Cryptosystem : Sebuah sistem yang digunakan untuk mengubah informasi

5. Decryprion : Proses untuk mengembalikan ciphertext ke plaintext

6. Enkripsi : Proses untuk mengubah plaintext ke cipher

7. Key Kunci atau informasi rahasia yang diketahui oleh Pengirim atau Penerima untuk membuka plaintext

8. Monoalphabetic : Substitution Sebuah metode enkripsi di mana huruf dalam plaintext selalu diubah dengan huruf yang sama di dalam ciphertext

9. Plaintext : Sumber informasi (informasi asli) yang akan diamankan



Artikel ini memang tidak di izinkan bagi anda untuk meng copy-paste dari blog. jika anda ingin menginginkan artikel ini silahkan download di SINI

0 comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Silahkan di share dan Semoga bermanfaat. Jangan lupa komentar dan beri rate ya :D

Design by HRSzone